Pages

Kisah Manusia-Manusia (yang pernah) Kalah


"KALAH" bagi semua orang merupakan sebuah kata yang sangat menyakitkan ditelinga. Benar-benar tidak enak untuk didengar. Apa artinya kemenangan jika toh kekalahan yang terhormat lebih menyenangkan dibanding dengan kemenangan kotor.

Kisah ini saya dedikasikan kepada manusia-maunsia yang merasa dirinya adalah manusia yang selalu kalah, istilah asing dan umumnya adalah "loser". Tidak ada salahnya menjadi seorang loser kawan, selama kita tahu batasannya.

Okay, pernahkah anda merasakan betapa menyakitkannya berdiri terakhir digaris finish? well, rasanya sungguh tidak enak kan? tak apalah, toh kita sudah berusaha dan kekalahan kita pun terhormat, karna usaha kita untuk menjadi yang pertama berdiri di garis finish pun masih belum mencukupi. "better luck next time kiddo" begitu kata seorang bule kepadaku ketika habis dihajarnya saat bermain poker.

Esok harinya, "dia bisa kalahkan aku di permainan yang tidak aku kuasai, gimana kalo kita coba main sangong?" dan.... walah, ternyata kemenangan itu manis rasanya kawan. Tapi setelah dipikir-pikir. betapa bodohnya kami berdua, sama-sama menantang duel di permainan yang masing-masing dari kami tidak menguasainya. Hanya seorang pengecut yang memainkan permainan kotor. Baiklah, kita coba sau permainan dimana masing-masing dari kami menguasainya, bagaimana dengan bilyar? well, pertandingan berlansung seru, tapi berhubung stamina ku selalu habis di 1 jam pertama terpaksa saya akui bahwa dia memang hebat. Tidak rugi apapun aku kalah darinya. Tidak juga nama baikku.

Itu hanyalah contoh simpel dari sebuah kekalahan. Tidak terlalu menyakitkan kan daripada sebuah kemenangan kotor.

Mungkin pernah kita jumpai, seorang pemenang yang dengan bangganya berdiri dipuncak podium dengan senyum pasta giginya, tapi tahukah anda, bahwa dibalik kemenangan mereka itu tersembunyi satu rahasia besar yang tidak boleh terbongkar?

Tahukah anda 95% warga indonesia menginginkan dirinya menjadi seorang milyader, namun hanya 5% dari mereka yang menjadi pemenangnya. dari 5% tersebut, adakah yang tahu, berapa persen dari mereka yang berlaku jujur? yang membayar pajak sesuai dengan nominal yang tertera dalam surat tagihan pajak? yang bertindak sesuai dengan sistem yang berlaku, yang tak pernah melakukan salam tempel? yang selalu melakukan auditing sesuai dengan apa yang ada?

Yang kedua, adalah pemenang instan. Maksudnya disini adalah seorang koruptor. Korupsi adalah jalan instan ke podium nomer 2. Sesorang dari barisan paling belakang dari garis law of life, ingin segera sampai ke podium 1, ato paling tidak ke podium 2 lah, maka dari itu, korupsi adalah tiket instat ke podium 2. mudah-mudahan anda bukan salah satu dari golongan ini, karna sungguh memalukan. Dan beban moral yang terlalu berat apalagi bagi anak cucu kita nanti.
Yang ketiga, pernahkah anda melihat kawan anda yang berhasil masuk kedalam jajaran PNS dengan jujur, tanpa ada salam titip? lihat tampang merka baik-baik, pati ada rasa bangga dari sorot matanya. tapi tahukah anda beberapa dari mereka ada yang memang melakukan salam titip. salam titip disini adalah, salam yang diucapkan kepada seorang oknum petinggi di jajaran kepegawaian, atau seseorang yang mempunyai kuasa untuk memasukan anak-anak dari jalur penitipan khusus dengan imbalan rupiah tentunya. Lantas apa yang mereka dapatkan? Well, seumur hidupnya, dia tak akan mungkin mau mengakui jujur bahwa dia tak sanggup lolos dalam setiap tes pns, bahwa dia tak mampu melawan ribua orang yang bertujuan sama, maka dari itu dia menghalalkan cara untuk bisa masuk kesana. Lihat dalam-dalam dari sorot matanya. Ada terbesit rasa malu jika terbongkar.

Hahahahahah.... Seperti inilah contoh loser sejati kawan. Lain halnya jika anda berbuat jujur dan sesuai sistem yang digariskan, jika pun anda kalah, tentunya anda adalah seorang pemenang sejati, karna anda sudah berusaha maksimal dan mengakui kekalahan dengan besar hati.

0 comments:

:)) for ;)) for ;;) for :D for ;) for :p for :(( for :) for :( for :X for =(( for :-o for :-/ for :-* for :| for 8-} for :)] for ~x( for :-t for b-( for :-L for x( for =)) for :) for :$ for ;) for :( for :D for :p for :k for :@ for :# for :x for :o for :imalu for :itakut for :ipeace for :ibingung for :d for

Post a Comment